Freetrial

Search Preschool Playgroup Daycare ..

Cara Sangat Aman Menyembuhkan Flu pada Anak Balita

Author: Harryadi RG. Di Indonesia yang cuacanya sering berubah ubah, menyebabkan berbagai penyaki muncul yang sering menimpa an...

2012-06-19

Mengapa tidur siang bagus untuk anak dan balita

Mengapa Tidur siang bagus untuk anak anak
Biasanya orang tua kita menyuruh kita membiasakan anak tidur siang, ternyata kebiasaan ini sangat baik untuk anak.
Penelitian di Amerika Serikat menemukan banyak manfaat tidur siang untuk anak.

Manfaat yang didapat anak ketika tidur siang membantu anak memulihkan tubuh dan pikiran sehabis belajar dan bermain sehingga ketika terbangun mereka dalam kondisi yang segar dan happy.
Untuk yang sudah sekolah dan masuk masa golden eggs tidur siang memulihkan dan memperkuat hasil pembelajaran yang baru saja diterima di sekolah atau hasil bermain.


(Your mind is surprisingly busy while you snooze. During sleep you can strengthen memories or "practice" skills learned while you were awake (it's a process called consolidation).
"If you are trying to learn something, whether it's physical or mental, you learn it to a certain point with practice," says Dr. Rapoport, who is an associate professor at NYU Langone Medical Center. "But something happens while you sleep that makes you learn it better."
In other words if you're trying to learn something new -- whether it's Spanish or a new tennis swing -- you'll perform better after sleeping.)


Penelitian yang ditulis di jurnal Pediatrics th 2009 menghasilkan kesimpulan anak berumur 7-8 th yang kurang tidur cenderung hiperaktif,impulsive dan kurang konsentrasi belajarnya dibanding anak yang cukup tidur. Kebiasaan tidur siang melengkapi kekurangan tidur dimalam hari sehingga anak terhindar dari masalah tersebut diatas.



Tidur siang juga membuat anak melepaskan hormon pertumbuhan lebih banyak dibandingkan yang tidak pernah tidur siang.
"Orang dewasa membutuhkan delapan jam tidur sehari. Anak-anak mestinya lebih lama.  Namun, sayang tidak semua anak dibiasakan keluarga tidur siang seperti anak-anak zaman dulu," tutur Dr handrawan nadesul, dalam bukunya Membesarkan bayi Jadi Anak Pintar. Tidur siang harus menjadi kebiasaan bagi seluruh anggota keluarga," imbaunya.Lebih lanjut pria kelahiran 1948 ini menjelaskan bahwa selama tidur siang hormon pertumbuhan atau yang disebut human-Growth Hormone (h-Gh) lebih membanjir dalam darah. "Hormon ini yang merangsang pertumbuhan tubuh anak. Maka, anak yang terbiasa tidur siang bertumbuhnya lebih pesat atau lebih tinggi, dibanding anak yang tidak tidur siang," katanya.
Hormon pertumbuhan yang sudah dikaruniai sejak anak lahir diproduksi oleh otak. Bekerja sama dengan sistem hormonal tubuh lainnya, khususnya hormon gondok, hormon anak ginjal, tulang, dan otot anak bertumbuh pesat. Hormon pertumbuhan berangsur menurun fungsinya dengan bertambahnya umur anak, dan terhenti setelah mencapai usia pubertas. Maka, anak sudah tidak bertambah jangkung lagi setelah  umur 20-an tahun, saat hormon seksnya mulai aktif. Saat itu ujung tulang panjangnya sudah menutup sehingga tidak bertambah panjang lagi.

Tidur siang memang baik untuk anak tapi juga untuk orang dewasa. Waktu untuk tidur siang sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Jangan terlalu lama dan jangan terlalu singkat.
Cukup satu satu-dua jam asal tidurnya lelap. "Bukan lamanya tidur yang menetukan kualitas tidur, melainkan lelap tidaknya sebuah tidur. Tidur satu jam dan lelap lebih berkualitas ketimbang tidur lebih dari satu jam namun tidak lelap," tutupnya.

Biasanya bayi yang berusia di bawah 1 tahun memiliki waktu tidur siang 2-3 kali dengan total waktu tidur sekitar 3-4 jam. Untuk batita membutuhkan waktu tidur 1-3 jam yang terbagi dalam 2 kali tidur siang, sedangkan untuk balita umumnya hanya 1 kali tidur siang. Sebagian besar anak akan berhenti tidur siang setelah berusia di atas 5 tahun.

Dengan pengetahuan kegunaan tidur siang ini, membiasakan tidur siang banyak mendatangkan manfaat untuk anak dan masa depan. Biasakan anak tidur siang sejak awal sampai sekolah.

Sumber: Detik health dan Okezone healthSumber
Artikel penelitian terkait




Amazone store 2

Search Playgroup Preschool Daycare ..

Popular Posts